Cara Menjadi Bahagia

Group of people dancing on beach

Cara menjadi bahagia: 10 cara yang terbukti secara ilmiah membantu anda menjadi sosok yang lebih bahagia.

Sekian banyak riset telah ada untuk memberikan saran praktis yang bisa anda lakukan untuk menjadi lebih bahagia hari ini.

Sains telah dapat mendaratkan sebuah satelit pada komet di luar angkasa, menyembuhkan cacar, dan memisahkan atom. Tentunya riset dapat menghasilkan beberapa cara untuk membuat manusia menjadi lebih bahagia.

Berkat kehadiran lahan baru yakni psikologi positif, sains telah melakukan hal tersebut selama beberapa dekade terakhir. Peneliti banyak bekerja keras dalam studi mengenai dasar seorang manusia dapat berkembang, menunjuk apa saja hal yang membuat manusia benar-benar bahagia, dan menawarkan saran yang dapat dilakukan untuk membantu manusia menjadi diri mereka yang terbaik dan paling bahagia. Berikut adalah beberapa temuan terbaru dalam bagaimana menjadi bahagia.

  1. Berlatih untuk bersyukur

Anda tahu bahwa apabila anda berlatih di gym dan mengangkat beban, otot anda akan menjadi lebih kuat dan tentunya seiring waktu akan lebih mudah bagi anda untuk mengangkat beban tersebut. Tetapi tahukah anda pikiran positif bekerja dengan cara yang sama?

Menurut riset, secara sengaja menghitung betapa banyak yang dapat anda syukuri merupakan sebuah olahraga bagi kapasitas otak anda untuk bersyukur, mempermudah anda untuk menjadi lebih positif – dan lebih bahagia tentunya – kedepannya. (Kebalikannya dengan mengeluh, hal tersebut akan membuat otak anda secara langsung menjadi lebih murung.) Bagaimana anda membiasakan diri anda untuk mengapresiasi hal-hal baik yang terjadi pada anda?

  1. Fokus pada apa yang terjadi sekarang

Kita biasanya berpikir bahwa melamun merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa membiarkan pikiran anda berkeliaran dapat membuat anda menjadi sedih. Di sisi lain, menurut sains, memberikan perhatian penuh terhadap apa yang anda lakukan saat ini dapat mendorong kesejahteraan anda – bahkan ketika yang anda lakukan adalah sebuah tindakan yang membosakan seperti mencuci piring.

Ini mungkin terdengar aneh – siapa yang menyukai kegiatan beres-beres cucian? – tetapi ternyata berfokus pada tindakan yang sedang dilakukan saat ini merupakan bentuk sederhana dari kesadaran diri yang mirip dengan meditasi, dimana hal tersebut menenangkan pikiran anda dengan menghadang kekhawatiran masa depan atau renungan akan masa lalu.

  1. Lebih banyak olahraga

Maaf pemalas, tetapi sains secara tegas menyatakan bahwa: Menggerakan tubuh anda merupakan sebuah dorongan kebahagiaan yang luar biasa. Mengacu pada sebuah studi, olahraga rutin dapat membantu menghilangkan depresi layaknya Zoloft, obat anti depresi yang terkenal. Kenapa? Seperti obat-obatan yang mendorong suasana hati, berkeringat meningkatkan jumlah neurotransmitter didalam otak kita. Hal ini mengurangi stress, dan tentunya, menjaga anda agar tetap sehat.

  1. Keluarlah ke alam

Apabila manusia telah diatur sedemikian rupa dalam membutuhkan olahraga fisik untuk berkembang, hal yang sama juga bisa dikatakan untuk alam. Spesies kita telah menghabiskan jutaan tahun di hutan, dan hanya dalam sekejap, dalam waktu evolusi, sekarang kita menghabiskan waktu di perkotaan. Mungkin itulah mengapa banyak studi menunjukkan bahwa keluar ke alam punya pengaruh positif yang mendalam bagi suasana hati kita. Bahkan dengan hanya menanam tanaman dalam satu pot tanaman sederhana (atau bahkan hanya menaruh foto nya saja!) di meja anda dapat membuat anda lebih bahagia.

  1. Jadilah sosok yang baik hati 

Tujuan utama dari sikap murah hati, seperti yang diakui secara umum, adalah untuk membantu sesama, tetapi menurut banyak riset, memberikan bantuan juga memberikan kebahagiaan bagi sang pelaku. “Ada banyak sekali data yang menunjukkan bahwa ketika seorang individu secara murah hati melakukan tindakan yang tidak egois, hal itu justru memicu beberapa sirkuit di otak yang merupakan kunci untuk kesejahteraan hidup,” menurut penjelasan Richard Davidson, penemu dari Center for Healthy Minds di University of Wisconsin dan pengarang buku The Emotional Life of Your Brain.

  1. Berinteraksi

Manusia adalah makhluk sosial, jadi tidaklah mengejutkan bahwa bersosialisasi membuat kita lebih bahagia. Contohnya, ada sebuah studi yang menemukan bahwa bagi seseorang yang sedang mengalami hari yang buruk, secepat mungkin bertemu dengan teman-teman merupakan sebuah mood booster yang luar biasa. Bahkan menghubungkan orang lain juga membuat kita lebih bahagia. Riset lain yang dilakukan di University of Virginia dan Harvard menunjukkan bahwa mencarikan jodoh untuk orang lain juga membuat kita bahagia (baik secara romantis maupun profesional). Maka, jangan hanya menghubungi satu teman saja. Hubungi beberapa teman anda dan perkenalkan mereka dengan satu sama lain.

  1. Batasi media sosial

Bila bersosialisasi dengan teman anda dapat membuat anda bahagia, maka segala kegiatan untuk berkumpul bersama sangatlah baik. Facebook dan sosial media lainnya sangat efektif untuk pikiran anda apabila digunakan sebagai alat untuk memaksimalkan rencana anda, tetapi hal yang sama tidak terjadi apabila anda menggunakannya untuk browsing kehidupan teman-teman anda secara pasif. Melihat representasi kehidupan orang lain yang cenderung dibuat-buat sedemikian rupa telah terbukti dapat meningkatkan rasa iri, kesepian, dan mengurangi kebahagiaan hidup anda. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa mematikan akun Facebook anda menghasilkan peningkatan yang luar biasa dalam kesejahteraan anda.  Maka gunakanlah sosial media anda dengan lebih baik.

  1. Kendalikan materialisme dalam diri anda

Kabar buruk: banyak sekali studi menunjukkan bahwa menginginkan sesuatu dan selalu mencari hal-hal yang lebih baik benar-benar merusak kebahagiaan anda. Tetapi tidak hanya itu. Kabar baik: sains juga menunjukkan bahwa sangatlah mungkin untuk mengendalikan materialisme anda dan meningkatkan kesejahteraan anda dengan cara melihat kembali nilai-nilai hidup anda, menjaga dengan ketat pengeluaran, dan sebisa mungkin jauhkan diri anda dari iklan.

  1. Keluarkan uang secara bijaksana

Hanya karena materialisme tidak baik untuk kesehatan jiwa anda, bukan berarti mengeluarkan uang tidak bisa membuat anda menjadi lebih bahagia. Merupakan sebuah ide yang buruk untuk membeli sebuah TV yang lebih besar agar mood anda lebih baik untuk beberapa hari kedepan, tetapi peneliatan menunjukkan bahwa mengeluarkan uang yang telah susah payah kita dapatkan untuk membeli pengalaman dapat membantu kita untuk menjadi lebih bahagia daripada membeli barang.

Mengeluarkan uang untuk jalan-jalan misalnya, akan memberikan anda kebahagiaan dalam merencanakan perjalanan (dimana riset telah membuktikan bahwa hal ini sama menariknya dengan perjalanan itu sendiri), kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan sesama wisatawan (lihat nomor 6 keatas), dan sebuah memori bahagia yang bisa anda simpan seumur hidup. Ini merupakan sebuah kebahagiaan yang lebih dibandingkan dengan apapun itu yang bisa anda beli di mall.

  1. Potong perjalanan pulang pergi anda (Kantor – Rumah)

Ketika para peneliti menyusun aktivitas apa saja yang membuat kita bahagia, ada satu yang selalu muncul di bagian paling bawah – perjalanan kerja. Bukan sebuah kejutan bahwa duduk dalam perjalanan pulang pergi bukanlah sebuah hal yang menyenangkan, tetapi besarnya penderitaan yang terbawa kedalam hidup anda mungkin akan mengejutkan. “Berkendara  di jalanan merupakan sebuah neraka yang berbeda setiap hari,” kata Daniel Gilbert, psikolog Harvard.

Tidak mengejutkan ketika seorang ahli sangat mendorong untuk berpikir lagi kompromi yang didapatkan ketika membeli rumah yang jauh dari tempat kerja, dan menyarankan untuk mengganti perjalanan yang lama dengan mobil pribadi dengan sepeda, kereta, atau bekerja di rumah.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Danone Community. All Rights Reserved

Test Topic

Test...

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?