From SOLO to SOLOK by Ignatius Bryansetio – Link and Match Internee 2016

tio

Pengalaman Ignatius Bryansetio, Link and Match Internee 2016: From SOLO to SOLOK

Pagi,pagi,pagi!

Hai..

Nama saya Ignatius Bryansetio, sering dipanggil Tio.  Melalui dancommunity.com ,  saya akan share tentang pengamalan menjalani Danone Link and Match Program.

Perjalanan ini bermula ketika saya masih menyelesaikan semester akhir kuliah di S1 Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang. Semasa itu teman-teman kampus sedang giat-giatnya apply lowongan kerja dengan mengunjungi jobfair-jobfair universitas yang menurut saya antrian masuk gedung jobfair-nya sangat berjubel dan panjang. Dari situ ,saya memutuskan untuk apply lowongan-lowongan pekerjaan lewat web situs pencari kerja,web situs perusahaan, dan sosial media. Menurut saya, cara ini lebih efisien mengingat zaman digital yang selalu dinamis dan cepat berubah, seperti yang diungkapkan Hermawan Kartajaya dalam buku WOW Marketing-nya mengulas tentang perubahan path strategi marketing perusahaan seiring hadirnya internet. Saya beranggapan bahwa perusahaan yang mengikuti dan survive dengan perkembangan zaman akan memanfaatkan fenomena “industrial internet” untuk update tentang informasi termasuk lowongan pekerjaan di web dan sosial media perusahaannya. Hehe.

Lewat twitter Danone Indonesia ( @DanCommunityID ), saya mendapatkan info Link and Match Program 2016. Respon pertama kali yang saya luapkan saat itu,”Ini menarik!”

Apa sih menariknya?

Melalui Link and Match program, para freshgraduate dan juga mahasiswa semester akhir diberi kesempatan untuk mengerjakan project selama 4 bulan di bisnis unit Danone. Jika selama program berlangsung menujukkan performa yang bagus, maka akan berkesempatan untuk join di Management Trainee (MT). Jadi bisa dibilang ini merupakan program awal sekaligus pemantapan untuk lanjut ke jenjang berikutnya, yaitu MT atau di Danone sering disebut Danone MT STAR.  Banyak jenis pilihan MT di Danone, contohnya: medical, supply chain, RnD, HRD, marketing, sales, dan industrial. Background jurusan kuliah di Teknik Mesin yang membuat pilihan saya jatuh ke industrial.  Oh iya,selain itu,bisa juga buat kamu yang sedang tugas akhir menjadikan ini sebagai referensi tugas akhir/ skripsi. Intinya jika senang dengan tantangan,saya sangat sarankan untuk mencoba.

Proses seleksi di mulai dari seleksi berkas, Leaderless Group Discussion (LGD), HR Interview, Online Assessment Test, User Interview, Medical Check Up, dan jika dinyatakan lolos akan diberitahukan penempatan lokasi magangnya, lalu mengikuti induction program di Head Office “kece”-nya Danone. Proses ini sering melibatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam seleksinya, jadi memang harus siap untuk komunikasi dengan English ya.

Kebetulan saya ditempatkan di Bisnis Unit AQUA, tepatnya di PT. Tirta Investama Solok (TIV SOLOK), Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebuah kabupaten asri di dataran tinggi Sumatera Barat yang airnya sedingin es. Tidak pernah terlintas di benak saya. Lahir di Solo, SMA di Jogja, kuliah di Semarang, dan sekarang giliran Solok yang saya singgahi.  Ya, dari Solo ke Solok.


PT Tirta Investama di Dataran Tinggi Solok (dok.pribadi)

Oke, hari-hari menantang di Solok saya jalani dengan enjoy. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pabrik, saya diperkenalkan dengan Pak Dwi Nofriyadi, Plant Manager PT Tirta Investama Solok, yang ternyata selama  4 bulan ke depan Pak Dwi akan menjadi coach saya di TIV SOLOK. Menyenangkan sekali, saat sering punya kesempatan brainstorming ilmu dengan beliau.

Nah, seperti yang saya sampaikan di atas, selain pengalaman bekerja di Fast Moving Consumer Good Company, hal menarik berikutnya adalah selama menjalani proses magang, juga akan diperkenalkan dengan coach/mentor-nya. Saya menggambarkan coach/mentor sebagai partner diskusi, sharing, dan ahli strategi yang sangat membantu dalam proses survive selama program berlangsung.  Tidak perlu khawatir buat kamu yang masih ragu untuk penempatan di luar daerah tempat tinggal atau jauh dari sanak keluarga. Dinginnya dataran tinggi Solok terselimuti dengan hangatnya karyawan di pabrik ini. Saya akui, mereka orang yang sibuk, namun selalu terbuka untuk bercerita dan rela meluangkan waktu untuk sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan fundamental dari saya seputar kultur di perusahaan.


TIV Solok team (dok. TIV SOLOK-jemima)

Project pertama saya berjudul Excellent Maintenance, yang scope-nya adalah improvement proses preventive  maintenance  mesin utama produksi Aqua di TIV SOLOK. Progress setiap bulan selalu dipresentasikan di depan para manager, yang juga menjadi mentor sekaligus teman yang baik di kantor. Melalui dinamika penyampaian ide saat presentasi, akan muncul banyak masukan, kritik, dan saran yang bermanfaat untuk kerja sama peningkatan performa perusahaan.


Project Presentation (dok.TIV SOLOK-EdiSumardi)

Keterlibatan dalam proses produksi AQUA dari hulu ke hilir membuat saya paham akan pentingnya suatu kualitas dan standard tinggi yang ditetapkan untuk memperoleh produk yang sehat, serta layak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Membawa kualitas dan standard tinggi kesehatan pada produk untuk sampai dengan baik ke tangan konsumen tidaklah mudah. Namun, lewat Danone Link and Match Program ini, saya belajar bahwa sebuah perusahaan dengan misi mulia dan improvement berkelanjutan akan selalu punya jalan untuk menyampaikan kebaikan produknya kepada masyarakat.

Bagi saya Danone Link and Match Program merupakan wadah yang tepat buat kamu para freshgraduate yang tertarik, berani, dan mau ambil bagian dalam misi “to bring health through food to as many people as possible”.

Selamat mencoba.

Terima kasih. Salam hangat dari tanah Sumatera.

Bryansetio

Danone Link and Match Program Internee 2016

PT.Tirta Investama Solok, Sumatera Barat

6 Comments
  1. Eko Febrian 1 year ago

    Tulisannya sangat menarik bro!
    Saya baru tahu kalau Danone memiliki departemen trainnig yang bertujuan sangat mulia meningkatkan kompetensi generasi muda Indonesia.
    Karena gaya tulisannya sangat lugas, mudah dicerna dan “true story”, tolong deh diceritakan/buat tulisan lagi dengan topik “Produk dan teknologi Danone selaras dengan budaya Bangsa Indonesia”, kalau bisa dalam bahasa Indonesia dan English, karena Danone kan sudah go international.
    Terima kasih.

    Salam hangat dari warga Surabaya

    • Profile photo of Danone Admin Author
      Danone Admin 1 year ago

      Terimakasih atas masukannya :) Ide menarik untuk topik “Produk dan teknologi Danone selaras dengan budaya Bangsa Indonesia”

  2. Caecilia Sri Mulyani 1 year ago

    That’s great!
    It’s really a good and exciting experience.

    • Profile photo of Danone Admin Author
      Danone Admin 1 year ago

      Thank you :). Credit to: Ignatius Bryansetio who’s willing to share his meaningful experiences

  3. Profile photo of Sudartono
    Sudartono 11 months ago

    Good experience, good challanges this is good effort
    salam improvement

  4. Yohan Sugiharto 11 months ago

    I think it’s such a good share from a real experience. The way of your telling is brief and illustrative. I hope Danone Community can always update its training program which is so encouraging.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 KLEO Template a premium and multipurpose theme from Seventh Queen

Test Topic

Test...

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?